Cara Instal Mikrotik CHR di VPS

Sebelum membahas cara install mikrotik CHR di VPS, sedikit akan dijelaskan apa itu CHR. Mikrotik Cloud Hosted Router atau CHR adalah RouterOS yang dikhususkan untuk penggunaan cloud computing, untuk mengatasi masalah pengadaan resource hardware dan juga perawatannya.

Dengan konsep lisensi yang berbeda dengan RouterOS device pada umumnya, pada CHR semua fitur bisa digunakan tetapi kecepatannya dibatasi sesuai dengan lisensi yang digunakan, untuk versi free membatasi kecepatannya sebesar 1 Mb. Untuk speed limit yang lebih tinggi bisa beli lisensinya disini .

Salah satu fitur Mikrotik CHR yang sering digunakan adalah service VPN, masih banyak lagi kegunaan lainnya yang bisa diimplementasikan. Pada artikel ini hanya akan dibahas cara untuk install CHR pada VPS.

Tahap instalasi VPS

Perlu diketahui bahwa untuk install CHR, yang dibutuhkan adalah sebuah VPS atau bisa juga menggunakan Virtual Machine (VMware, Proxmox, dll) jika digunakan hanya untuk pembelajaran.

Pada artikel ini akan digunakan layanan VPS dari Vultr namun bisa juga menggunakan VPS dari provider lainnya baik dari luar maupun dalam negeri, berikut adalah langkah-langkahnya.

Membuat Instance Baru

Setelah login akun Vultr, pada bagian Product pilih tanda + berwarna biru pada bagian kanan dan klik Deploy New Server.

Cara instal mikrotik CHR

Pada halaman Deploy New Instance, pilih Cloud Compute dan pilih Regular Performance pada menu CPU and Storage Technology.

Cara instal mikrotik CHR

Pada bagian Server Location, silahkan pilih Negara yang akan dibuat VPS-nya. Di artikel ini akan menggunakan lokasi Negara Singapura karena letaknya yang sangat dekat dengan Indonesia.

Cara instal mikrotik CHR

Dimenu Server Image, pilih ISO Library dan gunakan OS SystemRescue x64.

Cara instal mikrotik CHR
Cara instal mikrotik CHR

Pada menu Server Size, pilih VPS sesuai kebutuhan Anda. Disini akan digunakan VPS dengan spesifikasi 1 CPU dan RAM 1GB sebesar $5 per bulan.

Cara instal mikrotik CHR

Pada menu Add Auto Backups silahkan pilih untuk mengaktifkannya atau tidak, akan ada biaya tambahan jika mengaktifkan fitur ini.

Cara instal mikrotik CHR

Aktifkan IPv6 (Enable IPv6) dan juga Enable Virtual Private Clouds dengan memberikan tanda centang pada menu Additional Features. Terakhir berikan nama pada hostname dan server-label, kemudian klik Deploy Now dan tunggu hingga proses instalasinya selesai.

Tahap Instalasi CHR

Setelah berhasil melakukan instalasi VPS, kemudian akan dilakukan instalasi CHR pada server VPS tersebut. Berikut langkahnya.

Langkah pertama yang harus dilakukan sementara menunggu booting OS selesai adalah membuka website mikrotik dan copy alamat link raw disk image RouterOS Mikrotik CHR, pada artikel ini kita akan menggunakan versi 7.3.1 stable.

Cara instal mikrotik CHR

Akses VPS menggunakan View Console dari panel VPS pada client area.

Cara instal mikrotik CHR

Pada console VNC ketikkan perintah wget ditambahkan dengan link download yang sudah di-copy pada langkah pertama.

wget https://download.mikrotik.com/routeros/7.3.1/chr-7.3.1.img.zip

Maka hasilnya akan seperti digambar di bawah ini.

Cara instal mikrotik CHR

Ekstrak file yang sudah di download dengan perintah unzip seperti contoh dibawah unzip chr-7.3.1.img.zip setelah di ekstrak, gunakan perintah ls untuk melihat semua file tersebut. Akan ada sebuah file dengan nama yang sama dengan format .img. File inilah yang akan kita gunakan untuk instal Mikrotik CHR di VPS.

Ketikkan perintah lsblk untuk memastikan disk image yang akan digunakan untuk instalasi CHR, pada server kami, nama disk image-nya adalah vda.

Selanjutnya gunakan perintah dd untuk melakukan instalasi file raw image pada virtual disk VPS tersebut.

dd if=chr-7.3.1.img of=/dev/vda

Terakhir verifikasi dengan menggunakan perintah lsblk, yang mana akan muncul partisi vda1 dan vda2.

Tutup Console dan kembali ke halaman client VPS, pilih Settings – Custom ISO kemudian klik Remove ISO dan VPS akan restart secara otomatis.

Cara instal mikrotik CHR

Instalasi mikrotik CHR di VPS telah berhasil, dan Anda bisa membuka mikrotik melalui winbox dengan menggunakan user dan password default-nya.
Demikian cara install mikrotik CHR di VPS, langkah penting selanjutnya adalah melakukan konfigurasi dasar dan meningkatkan keamanannya yang akan dibahas pada artikel terpisah.

Leave a Comment