CARA INSTAL UBUNTU DESKTOP 20.04 LTS

Sistem operasi merupakan software utama yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah komputer. Tentunya sebagian besar pengguna di Indonesia lebih familiar dengan nama “Microsoft Windows”, namun sayangnya kebanyakan software yang digunakan masih ilegal alias bajakan. Untuk kalian yang mau berhenti menggunakan software ilegal, alternatifnya adalah menggunakan OS Linux.

Ubuntu merupakan salah satu distro linux yang paling banyak digunakan, didukung dengan dokumentasi yang lengkap, komunitas yang besar dan selalu update, sehingga tidak heran menjadi salah satu distro yang populer bagi pengguna awam.

 

DOWNLOAD FILE UBUNTU

Untuk mendapatkan file instalasi Ubuntu ini terbilang sangat mudah, cukup buka browser dan masuk ke website Official Ubuntu. Pada tab Download, pilih Ubuntu Desktop atau langsung klik versi dibawahnya (pada saat tulisan ini dibuat versi yang tersedia 20.04 LTS dan 21.10) dan tunggu hingga proses download selesai.

cara instal ubuntu

Setelah selesai download, maka Anda akan mendapatkan file ISO sebesar +2,67 GB. File ini dapat langsung di-burning pada keping DVD dan kemudian dapat digunakan untuk instal di komputer. Selain menggunakan DVD, Anda juga bisa menggunakan media lain dengan cara menggunakan flashdisk untuk instal ubuntu.

Artikel ini akan fokus pada proses instalasi Ubuntu, terkait cara seting booting dan hal teknis lainnya dapat Anda cari pada artikel terpisah.

PROSES INSTALASI

Pasang media instalasi OS (DVD ataupun flashdisk) pada komputer dan lakukan restart, maka komputer akan melakukan booting pada media yang sudah kita pasang.

cara instal ubuntu

Pada tampilan awal ubuntu memberikan dua pilihan, Anda dapat memilih “Try Ubuntu” jika ingin mencoba menggunakan linux ubuntu tanpa menginstal pada komputer. Karena kita akan meng-instal pada komputer, maka kita akan pilih “Install Ubuntu”, namun sebelumnya pilih bahasa yang akan digunakan pada tab sebelah kiri.

cara instal ubuntu

Klik Continue pada Keyboard Layout.

cara instal ubuntu

Pada menu “Update and Other Software” biarkan saja pada pilihan normal installation dan lanjut klik Continue.

cara instal ubuntu

Kemudian di akhir menu, apabila menginstal fresh linux maka tidak perlu melakukan perubahan apapun dan cukup klik Install Now.

cara instal ubuntu

Klik lokasi Anda pada gambar di peta dan Continue.

cara instal ubuntu

Selanjutnya masukkan nama Anda, nama komputer serta username dan password. Harap diperhatikan bahwa password akan sering digunakan, jadi kami sarankan untuk menggunakan password yang mudah dihapal dan diingat, atau juga bisa dicatat dan disimpan ditempat yang aman. Setelah selesai mengisi semua data, lanjutkan dengan klik Continue.

cara instal ubuntu

Proses instalasi sedang berjalan, Anda dapat menunggu sambil menikmati kopi karena proses ini akan memakan waktu + 20 menit atau tergantung spesifikasi komputer yang kalian miliki.

Jika proses instalasi berjalan lancar dan selesai, selanjutnya restart komputer dengan meng-klik Restart Now dan tunggu hingga proses restart selesai.

cara instal ubuntu

Selamat! Kalian telah berhasil menginstal ubuntu di komputer kalian.

Mudah dan gampang kan? Semoga bermanfaat.

Leave a Comment